Thursday, June 27, 2013

Norma Lingkungan Hidup


A. Pengertian Lingkungan Hidup
     Lingkungan adalah apa yang ada disekitar manusia yang dapat dibedakan menjadi beberapa macam objek atau benda, berupa benda mati, benda hidup, benda nyata ataupun abstrak. Lingkungan merupakan satu kesatuan ekosistem yang saling mendukung satu sama lain.
    Lingkungan hidup di Indonesia berbanding lurus dengan tingkat pertumbuhan masyarakat Indonesia, baik dalam aspek keilmuan atau intelektualitas, aspek ekonomi, aspek plotik, dan aspek sosial budaya.


B. Norma-Norma Lingkungan Hidup
     Norma adalah aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai dan memperbandingkan sesuatu. Norma dibedakan menjadi:
       
- Norma Sosial

Norma sosial adalah norma yang dipakai untuk menilai suatu perilaku manusia, terutama terhadap lingkungan hidup, berdasarkan kekuatan yang mengikat. Contoh norma sosial adalah cara (usage), Kebiasaan (folkways), tingkah laku (Mores), dan Adat istiadat (Custom).
Masyarakat Indonesia sebagian masih menganut pola pikir tradisional, di mana mereka lebih patuh pada adat-istiadat yang sudah berlangsung turun temurun. Sehingga, adat istiadat berperan besar bagi mereka dalam memandang lingkungan hidup. Norma sosial yang dianut di masyarakat suku tradisional itu lebih efektif menjaga lingkungan hidup diwilayahnya mereka masing-masing. Pelanggaran terhadap norma adat berakibat langsung pada kehidupan orang yang melakukannya. Hukuman tersebut bisa berbentuk fisik ataupun non fisik seperti pengucilan, cemoohan, sindiran, pengusiran.


- Norma Hukum 
      Indonesia memiliki peraturan hokum berupa Undang-Undang khusus mengenai lingkungan hidup, diantaranya
o    UU RI No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pasal 5 dan pasal 8;
o    UU No. 39 Tahun 19999 tentang HAM, pasal3;
o    Amandemen ke -2 Undang-Undang Dasar 1945, Psal 28 H ayat 1; dan
o  Di badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah meratifikasi Protokol Kyoto mengenai Lingkungan Hidup

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Note-Student | Share Science
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top