Tuesday, May 26, 2015

Cara Membuat Efek Long Shadows Dengan Photoshop


Efek long shadows adalah efek dimana gambar tersebut seperti diberi cahaya di suatu sudut tertentu dan menghasilkan suatu bayangan yang membuat gambar terkesan seperti 3 Dimensi. disini saya akan menjelaskan tutorial singkat cara membuat efek long shadows tersebut dengan gampang dan mudah dimengerti. Berikut tutorialnya:

Buat background    
 


Membuat background baru di photoshop dengan cara Klik Tab Meu File > New atau dengan menekan tombol Ctrl + N. Kemudian atur Width dan Height disini saya memakai 1000 x 1000 pixel dan menggunakan latar background warna merah, untuk latar warna bebas terserah selara kalian.

Membuat teks yang akan di Long Shadows


Lalu setelah membuat layer background kita membuat teks yang akan di long shadows, cara membuatnya klik dalam Tool Box sebelah kiri icon T kemudian tuliskan teksnya, atau dengan menekan tombol T pada keyboard. Disini saya memakai font Agency dengan Efek cetak tebal dan ukuran 100 pt.

Membuat layer baru untuk efek Long Shadows


Setelah membuat tulisan yang akan di long shadows kita terlebih dahulu membuat layer baru dengan cara klik tombol SHIFT CTRL + N secara bersamaan kemudian klik Ok atau tekan enter.
Klik layer Teks yang akan di long shadows terlebih dahulu biar tidak memindahkan layer lagi.


Membuat seleksi pada teks yang akan di long shadows


Selanjutnya membuat sleksi dengan Pen Tool terdapat di ToolBox atau cara cepat memunculkan Pen Tool dengan menekan tombol P pada keyboard, sekarang seleksi disini kita membuatuhkan imajinasi kita bagimana gambaran awal agar terlihat seperti 3D, contoh saya buat seperti pada gambar. Setelah Melakukan Seleksis klik kanan pada bagian seleksi lalu pilih make selection agar membuat seleksi otomatis.

Mewarnai Seleksi


Lakukan pewarnaan pada area yang sudah terseleksi tadi, tapi ingat pastikan layer yang aktif adalah layar Long Shadows yang kita telah buat dari awal, warnai dengan menggunakan Brush Tool di toolbox cara cepat memanggil brush tool adalah klik tombol B pada keyboard. dan warna yang digunakan adalah warna yang lebih tua dari pada background contoh seperti gambar di atas.


Dan hasilnya seperti gambar di atas. Desecelct area yang tadi diseleksi dengan menekan tombol CTRL + D

Pindahkan Layer


Pindahkan Layer Long Shadows menjadi di bawah Layer Teks yang dibuat, contoh seperti gambar di atas, dan efek long shadows sudah jadi tinggal membuat beberapa variasi agar terlihat lebih keren.


Dan berikut hasil variasi yang saya berikan, ingat kunci dari membaut efek long shadows ini hanya membuat seleksi dari teks yang akan di buat long shadows, bagaimana mudah bukan semoga tutorial ini bermanfaat.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Note-Student | Share Science
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top