Saturday, May 30, 2015

Hal-Hal Yang Dirindukan Saat Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah karena bulan ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya Al Qur'an, bulan yang penuh dengan berkah karena jika melakukan kebaikan akan dibalas berkali-kali lipat oleh Allah swt. 

Begitupun di negara kita Indonesia banyak cara orang-orang untuk menyambut bulan suci ini, tetapi saya akan menjelaskan hal-hal yang bikin kangen bulan ramadhan, berikut hal-hal yang sangat di rindukan di bulan ramadhan:

1. Nunggu Adzan Magrib 





Pertama hal yang dirindukan adalah adzan magrib, tidak dipungkiri jika bulan-bulan selain ramadhan adzan magrib serasa biasa saja, tetapi jika bulan ramadhan semuanya terbalik adzan magrib menjadi suatu yang sangat di tunggu-tunggu, iya lah emang waktunya buka wkwk...

2. Pesantren Kilat



Sekolah pasti libur 2 atau 3 minggu otomatis para anak-anak dan remaja nganggur daripada melakukan hal-hal yang tidak jelas para orangtua memasukan anak-anak atau remaja mereka ke pesantren kilat. Mungkin kita sebagai remaja atau anak-anak merasa aduh males pengen tidur aja deh, tapi tidak menutup kemungkinan pesantren kilat ini sangat ngangenin terutama kita bisa berinteraksi dengan orang lain bercanda, tertawa, dimarahin bareng, ulangan dapet jelek (pengalaman), sama seperti sekolah pada umumnya tetapi yang menjadi beda adalah waktunya yang cepat dan bisa akrab dengan anak-anak setempat.

Dan juga tidak jarang dari pesantren kilat ini banyak yang nemuin pacar atau teman yang enak di ajak ngobrol.

3. Ta'jil di Masjid


Ta'jil ini yang menjadi buruan saat menjelang adzan magrib, tetapi entah kenapa jika ta'jil di masjid berbeda dibanding di rumah walaupun di rumah jauh kalah lebih mewah ta'jilnya daripada di masjid mungkin ini karena kebersamaan dan jumlahnya yang limit. Pengalaman sendiri sangat berbeda anak-anak atau remaja yang sudah selesai pesantren kilat tidak pulang kerumah tetapi menunggu adzan di mesjid dan alasan mereka adalah lebih enak di mesjid daripada di rumah tegas mereka menjawab tetapi sambil tertawa.

4. Berburu Tanda Tangan Penceramah



Sekolah libur eits tapi sekolah pasti punya kebijakan dan membagikan buku kegiatan bulan ramadhan dan yang menjadi inti dari buku ini adalah ceramah sehabil shalat tarawih, disini para ustadz mendadak seperti artis dunia yang dimintai tanda tangan puluhan orang, yang menjadi menarik adalah dimana saat berdesak-desakannya dengan orang lain seperti berburu BLT dari pemerintah haha...

Tetapi yang bikin jerih payah itu terkesan sia-sia adalah ketika pas sekolah setelah idul adha tetapi guru, khususnnya guru agama tidak menilai hasil tulisan di buku kegiatan ramadhan kita, itu pengalaman saya selama sekolah dari SMP sampai SMA tidak pernah diberikan penilaian. Mungkin guru berdalih itu agar membuat siswa disimpil dan memanfaatkan waktu ramadhan secara baik bukan secara tidak baik.

5. Berkumpul Bersama Keluarga


Hikmah dari bulan ramadhan adalah kita bisa berkumpul bareng keluarga entah itu dari luar kota atau deket rumah pasti bakalan sering kumpul-kumpul entah tadarusan bersama, nyiapin buka puasa bersama dan buka puasa bersama.

Ini membuat suatu kehangatan tersendiri di bulan ramadhan. selain dari itu semua kita juga bisa menjalin interaksi langsung antar keluarga yang sebelumnya jarang sekali berinteraksi langsung karena perbedaan jarak dan tempat tinggal.

6. Bangunin Sagur


Terahkir adalah bangunin sahur suatu hal yang difikiran orang lain memang mengganggu karena bising sekali tetapi kegiatan ini sangat penting apalagi yang susah bangun sahur, dan orang yang ngebangunin sahur juga mendapat amalan baik dari Allah.

Berbaga cara untuk ngebangunin saur diberbagai tempat di Indoensia sangat beragam tetapi yang umum di lakukan adalah dengan emmbawa pentungan atau beduk keliling kampung atau komplek beramai-ramai.

Itulah beberapa hal yang dirindukan saat bulan ramadhan tiba. So, Ramadhan sebentar lagi kita akan melihat hal-hal yang dirindukan tersebut.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Note-Student | Share Science
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top