Friday, May 29, 2015

Hikmah dan Kandungan Q.S Yunus Ayat 101


Surat ini diberi nama surat Yunus karena terdapat kisah Nabi Yunus a.s. dan para pengikutnya yang teguh mempertahankan keimanannya kepada Allah swt. Surat ini terdiri dari 109 ayat dan termasuk golongan surat-surat Makiah kecuali ayat 40, 94, dan 95 yang diturunkan di Madinah pada masa Nabi Muhammad saw.

Alqur'an mengajarkan kepada manusia untuk memerhatikan, mempelajari, mengembangkan, dan meningkatkan iptek tentang alam semesta dan segala isinya melalui petunjuk-petunjuk Alqur'an.

1. Bacaan dan terjemahan Q.S Yunus Ayat 101 

2. Mufrad Q.S Yunus ayat 101 

 3. Tajwid Q.S Yunus Ayat 101 



4. Kandungan Q.S Yunus Ayat 101 

Allah swt memerintahkan umat manusia untuk memerhatikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam semesta ini seperti jalannya tata surya yang teratur dan tepat waktu, terjadi gerhana matahari dan bulan, pergantian malam dan siang, air hujan turun ke bumi dan sebagainya.

Semua tanda-tanda kebesaran Allah swt. yang ada di alam ini bermanfaat bagi manusia. Oleh karena itu, umat manusia hendaknya mengambil manfaat dari tanda-tanda kekuasaan Allah dan mengambil peringatan yang disampaikan kepada para rasul.

Alqur'an bukanlah buku ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi alqur'an adalah firman Allah swt. yang berisi pedoman hidup bagi manusia. Di dalam alqur'an juga terdapat ayat-ayat yang berkaitan dengan iptek.

Allah swt memerintahkan kepada manusia agar melakukan pengkajian dan penelitian terhadap alam semesta beserta isinya. Sesungguhnya semua ciptaan Allah itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang yang berfikir dan yakin terhadap penciptanya.

5. Hikmah Q.S Yunus Ayat 101

Menambah keimanan kepada Allahswt. dan bertambah yakin bahwa Allah swt Maha Kuasa menciptakan alam semesta ini, dan Dia pula yang mengatur seluruh kehidupan yang ada di bumi.

Memacu umat manusia untuk berlomba dalam menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagai sumber motivasi dan semangat dalam mencari ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya.

Semakin giat dan bekerja keras untuk memahami dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknoogi.


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Note-Student | Share Science
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top