Saturday, May 30, 2015

Hikmah dan Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 164


Surat Al Baqarah diturunkan di Madinah, terdiri dari 286 ayat, dan tergolong surat-surat Madaniah. Surat Al Baqarah termasuk kedalam tuuh surat Al Qur'an yang terpanjang (As Sab'ul Thiwal), bahkan di dalam surat Al Baqarah terdapat ayat terpanjang. Dinamai Al Baqarah atau Sapi Betina karena di dalamnya terdapat kisah penyembelihan sapi betina oleh Bani Israil.

Bacaan dan Terjemah Q.S Al Baqarah : 164

Artinya:

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan."

Mufrad Q.S Al Baqarah : 164


Tajwid Q.S Al Baqarah : 164


Kandungan Q.S Al Baqarah : 164

Alam adalah sarana manusia untuk melakukan penggalian ilmu pengetahuan. Seharusnya manusia sebagai khalifah di muka bumi ini mampu menggunakan akalnya untuk menggali lebih dalam ilmu pengetahuan tersebut agar dapat diambil manfaatnya demi kesejahteraan dunia dan akhirat.

Adanya pergantian sing dan malam secara konsisten, bertiupnya angin dengan kencang, berlayarnya bahtera di lautan merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah swt. bagi orang yang berfikir.

Langit dengan pelanet dan macam-macam bintangnya semua berjalan dan bergerak menurut tata tertib dan aturan ilahi, tidak ada yang menyimpang dari aturan itu.

Allah swt menurunkan hujan dari langit sehingga bumi yang telah mati menjadi hidup dan subur. segala macam hewan juga dapat melangsungkan hidupnya dengan adanya air tersebut.

Allah swt telah menciptakan pengisaran angin, yang ada kalanya membawa berkah dan ada kalanya membawa bencana.

Allah swt menciptakan langit yang kita saksikan ketinggiannya, keindahannya, keleluasaannya dan apa yang ada di langit atau ruang angkasa yaitu 100 miliar galaksi, di mana setiap galaksi terdiri atas 100 miliar bintang.

Hikmah Q.S Al Baqarah : 164

Mendorong setiap muslim untuk selalu tafakur dan tadabur terhadap seluruh kejadiann di alam semesta ini.

Mendorong setiap muslim untuk lebih menggunakan pikirannya dalam menyingkap rahasia alam semesta, sehingga akan bertambah yakin terhadap kekuasaan dan keagungan Allah swt.

Mendorong kaum muslimin untuk lebih giat lagi dalam menuntut ilmu dan mengembangkan teknologi sehingga keberadaannya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Memberikan motivasi bagi setiap manusia agar selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena sangat diperlukan dan sangat penting bagi kemajuan umat manusia.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

5 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Note-Student | Share Science
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top