Wednesday, May 6, 2015

Sistem Pencernaan Makanan Mamalia


 Sistem pencernaan pada hewan mamalia pada umunya sama dengan manusia, kecuali pada suusnan dab bentuk gigi serta struktur lambung, khusunya pada hewan pemamah biak dan hewan karnivora.

1. RONGGA MULUT

Rongga mulut atau Cavum Oris mamalia dibentuk oleh tiga atap, yaitu palatum darum (langit-langit keras), palatum mole (langit-langit lunak), dan  palatum palastini (baigan tepi). Dasar rongga mulut bersifat lunak. Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah dan kelenjar ludah. Jenis gigi mamalia sama dengan gigi manusia, tetapi mengalami perubahan bentuk sesuai dengan cara hidupnya.

a. Gigi Seri (Dens Insisivus)

Gigi seri berbentuk pahat dan berfungsi untuk memotong. Pada hewan pengerat (rodentia), gigi seri berfungsi untuk mengerat. Email hanya ada di bagian dataran muka. Di bagian ini gigi terus tumbuh.

b. Gigi Taring (Dens Caninus)

Gigi taring berbentuk runcing  dan berfungsi untuk menyobek atau mengoyak makanan. Pada hewan karnivora gigi taring tumbuh dan berkembang dengan baik sedangkan pada hewan herbivora gigi taring tidak berkembang.

c. Geraham Muka (Premolar)

Geraham muka berfungsi untuk mengunyah. Bagian mahkotanya terdiri dari email yang melintang dan tajam

d. Geraham Belakang (Molar)
  
Geraham belakang berfungsi untuk mengunyah. Bentuknya sama dengan molar yang dimiliki oleh manusia.

2. LAMBUNG

Pada hewan pemamah biak (ruminansia), seperti sapi dan kambing lambung terdiri dariempat ruang yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Proses pencernaan di lambung sampi adalah sebagai berikut. Rumput atau daun-daunan dikunyah sekadarnya serta dicampur air ludah, lalu ditelan ke esofagus, makanan masuk ke dalam rumen.

Di dalam rumen terdapat simbiosis antara hewan pemamah biak dengan bakteri dan flagelata yang menghasilkan enzim selulase. Bakteri yang mampu menghancurkan selulosa conothnya adalah Cytophaga, sedangkan flagelata yang biasa terdapat dalam tubuh hewan memamah biak adalah  Cypromonas subtilis. Hasil perombakan oleh flagelata ini berupa feses yang dapat digunakan untuk pupuk dan dapat pula digunakan sebagai bahan dalam pembuatan biogas melalui proses peragian.

Di dalam rumen terjadi pencernaan protein dan polisakarida, serta fermentasi selulosa oleh enzim selulosa. Dari rumen mekanan masuk ke dalam retikulum.

Di retikulum makanan dibentuk menjadi gumpalan-gumpalan kasar yang disebut bolus. Pada saati sapi beristirahat, bolus yang disimpan sedikit demi sedikit dikeluarkan dari retiulum untuk dikunyah lagi. Sesudah itu ditelah lagi masuk ke dalam retikulum, lalu ke omasum, dan selanjutnya ke abomasum, Di abomasum ini terjadi pencernaan yang sebenarnya oleh enzim-enzim pencernaan.


  3. USUS (Intestinum)

Usus pada mamalia dapat dibedakan ata usus haluss dan usus besar.

a. Usus halus (intestinum tenue) terdiri dari duodenum, jejenum, dan ileum.
b. Usus besar (intestinumncrassum)

Di dalam usus halus terjaid perombakan terakhir dan proses penyerapan sari-sari makanan, Usus berakhir dengan rektum dan lubang yang disebut anus. Secara garis besar sistem pencernaan makanan pada hewan mamalia dalah sama, kecuali pada hewan pememah biak yang memiliki kekhususan.

Berbeda dengan sapi, ruminansia seperti kuda, kelinci, dan marmut tidak melakukan fermentasi selulosa di rumen, tetapi di sekum (usus buntu). Sekum adalah kantong kecil yang terdapat di pertemuan antara usus halus dan usus besar. Pada hewa-hewan tersebut terjadi pengunyahan dua kali sehingga feses yang dihasilkan lebih kasar dan berserat daripada feses sapi. Pada kelinci dan hewan pengerat lainnya, bakteri pencerna selulosa hidup di usus besar.


Demikian yang bisa saya sampaikan semoga dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan yang baru walaupun hanya sedikit.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Note-Student | Share Science
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top